Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, malah bisa 3 s/d 6 kali lipat dibandingkan dengan buah jeruk. Vitamin C ini terdapat dalam daging buahnya yang segar dan bijinya. Selain buahnya sebagai sumber vitamin C, hampir semua bagian tanaman jambu biji, terutama daun dan buah mudanya, dapat mengobati mencret. Begitu juga dengan akarnya, bahkan bagian ini dikatakan sebagai obat ampuh untuk disentri awal stadium dua. Jambu biji atau Psidium guajava L juga merupakan tanaman yang berpotendi besar untuk menurunkan berjangkitnya demam berdarah. Salah satu cara yang banyak dilakukan masyarakat adalah membuat jus jambu biji (klutuk). Dengan mengkonsumsi buah ini, terutama yang berbiji merah, dapat menghindarkan serangan demam berdarah (DB) atau bisa mengobati kalo sudah terkena DB.

jambu biji1

Untuk memanfaatkan jambu biji sebagai obat diare dapat dilakukan dengan merebus 15 – 30 gram daun kering jambu biji dalam air sebanyak 150 – 300 gram. Perebusan dilakukan selama 15 menit setelah air mendidih. Hasil rebusan disaring dan siap untuk diminum sebagai obat diare. Di samping itu, bisa juga dengan memanfaatkannya dalam bentuk segar, diperlukan 12 lembar daun segar, dicuci bersih, ditumbuk halus, ditambah ½ cangkir air masak dan garam secukupnya. Hasil tumbukan diperas, disaring lalu diminum, juga bisa ditambah madu agar lebih manis.

Jus Jambu Biji

Jus Jambu Biji

Bukan saja buahnya yang bisa di jus sebagai pencegah DB, namun kini telah dikembangkan dengan memanfaatkan darih bahan daunnya. Menurut penelitian antara Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya dengan BPOM, kandungan dalam daun jambu biji disinyalir lebih baik dibandingkan dengan buahnya yang biasa dikonsumsi. Meski baru bersifat pengujian pre-klinik, namun dilaporkan bahwa ekstrak daun jambu biji di ketahui bisa menghambat pertumbuhan virus dengeu, penyebab DB.

Bahan itu juga disebutkan mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping. Dari pengujian pengingkatan jumlah trombosit diperkirakan dapat tercapai dalam tempo 8 – 48 jam atau 2 hari setelah ekstrak daun jambu biji digunakan, luar biasa!! Sebab dengan naiknya trombosit seseorang hingga mencapai batas normal, maka daya tahan tubuhnya juga akan kuat. Dengan demikian DBD yang menyerang segera sirna.