tm.nasional komodo1

Taman Nasional Komodo ditetapkan oleh pemerintah Indonesia tahun 1980, memiliki luas 173.300 ha yang telah mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia (world heritage) pada tahun 1986. Taman Nasional Komodo meliputi pulau Rinca, pulau Radar dan pulau Komodo yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Home ranch Komodo adalah lembah yang banyak ditemukan di pulau Komodo dan Rinca yang topografisnya memang berbukit-bukit. Pertemuan kaki-kaki bukit itulah yang membentuk lembah dan menjadi home ranch Komodo.

Pulau Rinca

Pulau Rinca

Populasi Komodo diperkirakan 2.400 ekor. Setengahnya berada di pulau Komodo dan setengahnya lagi berada di pulau Rinca.

Komodo

Dari penelitian para ahli, diyakini bahwa Komodo adalah binatang purba yang hidup semasa dengan Dinosaurus. Ada 3 teori yang menjelaskan mengapa Komodo survive melewati zaman es yang memusnahkan seluruh jenis Dinosaurus.

1. Seluruh Komodo yang hidup saat itu juga ikut musnah bersama Dinosaurus lain. Spesies Komodo terselamatkan pada telor-telor yang tersimpan di lereng bukit meski sehari-hari hidup di lembah. Komodo membuat 5 lubang tapi hanya 1 lubang yang benar-benar terisi telur-telur tersebut, tujuannya, agar bayi-bayi Komodo yang baru lahir bisa selamat dari santapan Komodo dewasa, karena Komodo bersifat kanibal.

2. Komodo betina mempunyai keunikan, yaitu bisa bertelur tanpa perlu di buahi oleh Komodo jantan. Keunikan proses generatif Komodo itu sudah dibuktikan pada seekor Komodo betina yang di bawa ke Kanada, dari 1 ekor kini sudah menjadi 7 ekor. Dalam sekali bertelur, seekor Komodo betina bisa mengeluarkan kira-kira 30 butir, telor-telor itu akan menetas ketika berusia 8 – 9 bulan.

3. Proses survival Komodo adalah ketahanannya dalam “puasa”. Meski secara umum dikenal sebagai carnivora ganas, seekor Komodo bisa bertahan hidup setahun dengan makan daging seberat 50 kg, yang setara dengan berat Rusa dewasa. Di sebut berat total bukan berarti makan daging sekali seberat 50 kg, kemudian bisa hidup setahun. Dalam kondisi minimal, dalam setahun, Komodo hanya makan daging seberat kurang lebih 50 kg. Jika diambil rata-rata, seekor Komodo cukup makan 1 kg daging untuk bertahan hidup selama 1 minggu.

Rute menuju Taman Nasional Komodo:

1. Darat, Denpasar – Mataram – Bima – Sape (±2 hari), menyebrang dengan Ferri ke Labuan Bajo (Ibukota Manggarai Barat) ± 7 jam. Dari Labuan Bajo bisa menyewa perahu atau speedboat menuju pulau Rinca dan Pulau Komodo ± 4 jam.

2. Udara, Bandara Ngurah Rai (Denpasar) – Bandara Komodo (Labuan Bajo) ± 1 jam 25 menit. Perjalanan dari Labuan Bajo dengan perahu ke Pulau Rinca dan Komodo ± 4 jam.

3. Laut, Paket wisata dengan kapal Prinsi yang sudah dilengkapi dengan mesin selama 5 – 6 hari. Selain Taman Nasional Komodo, beberpa pulau di sekitarnya juga menawarkan wisata bahari, seperti snorkeling diving, termasuk dalam paket. Harga paket ± Rp 1,5 juta per kabin per malam.

Iklan