mclaren-hamilton in hungaria 09Fomula 1 serasa kembali “normal”, setelah GP Hungaria, tim elite dan terbesar, Mclaren Mercedez dan Ferrari menempatkan pembalapnya di posisi 1 dan 2. Red Bull yang secara mengejutkan tampil hebat di awal musim hanya meraih peringkat 3 melalui Mark Webber. Sedangkan Brawn-Mercedez kandidat juara pada musim ini hanya kebagian 2 point melalui Jenson Button yang finis ke tujuh.

Sudah selama sebelas lomba, Hamilton menanti kemenangan tersebut. Sejak memulai debut di F1 pada 2007, itu adalah penantian terlama Hamilton tuntuk sebuah kemenangan.

Dalam lomba kemarin, Hamilton tampil cukup baik, dari urutan ke-4, dia langsung menyodok ke posisi 3, menggusur Sebastian Vettel (Red Bull). Pada lap kelima, dia sudah merebut posisi kedua setelah menyalip Mark Webber.

Tanda-tanda kemenangan Hamilton terlihat pada lap ke-12, ketika pole sitter Fernando Alonso (Renault) masuk pit lebih awal dan kemudian Hamilton langsung mengambil alih pimpinan lomba.

Memasuki lap 13, kemenangan semakin deket dengan Hamilton, tepatnya ketika Alonso out dari lomba karena ban depan mobil Alonso terlepas ke tengah lintasan lomba, sebab penguncinya tidak terpasang dengan baik ketika Alonso masuk pit stop.

84079329KR050_F1_Grand_Prix

Kejadian itu menimbulkan kekhawatiran, karen ban mobil Alonso beberapa kali terpental-pental di lintasan. Sebab, sehari sebelumnya, pada sesi kualifikasi, kepala pembalap Felippe Massa luka parah karena dihantam serpihan per mobil Rubens Barichello. Sepekan sebelumnya, Henry Surtess, pembalap formula 2, tewas akibat dihantam ban rivalnya yang terlepas di tengah lintasan.

Dengan hasil lomba kemari, persaingan papan atas klasemen pembalap dan konstruktor semakin ketat. Webber berhasil mengurangi jarak dengan Button menjadi 18,5 point, sedangkan klasemen konstruktor, Red Bull terpaut 15,5 point

Dengan tujuh lomba tersisa, Button dan Brawn masih berpeluang kehilangan gelar. Apalagi, mereka belum menemukan jawaban atas masalah ban yang sebenarnya telah terjadi pada beberapa lomba.

raikonen, hamilton, webber in hungaria 09

Hasil GP Hungaria

hasil gp hungaria 09

Klasemen Pembalap

Klasemen Pembalap

Klasemen Pembalap

Klasemen Konstruktor

Klasemen Konstruktor

Klasemen Konstruktor