Semifinal Liga Champions Leg. 1
barca_chelseaBertanding di kandang sendiri, Rabu (29/4) dinihari WIB, di Nou Camp, Barcelona memang lebih menguasai permainan. Turun dengan formasi terbaiknya, tim asuhan Pep Guardiola ini memegang kendali serangan sejak awal pertandingan.

Sedangkan The Blues sepertinya sengaja memasang taktik bertahan, terbukti pelatih Guus Hiddink memasang Michael Essien dan Jon Obi Mikel di posisi gelandang bertahan.

Statistik menunjukkan, tim tuan rumah sangat dominan dengan 71 persen menguasai bola, serta 19 kali melepaskan tembakan sedangkan Chelsea hanya tiga kali. Lini belakang Barca nyaris tidak mendapat ancaman berarti dari pemain Chelsea.

Sedangkan Barca dibiarkan leluasa menguasai bola, tapi begitu memasuki lini pertahanan mereka langsung dikepung para pemain Chelsea.

Barca yang tetap mengandalkan trio maut, Messi, Etoo dan Henry, seperti membentur tembok menghadapi Chelsea yang kerap menumpuk pemain di lini belakang. Bosingwa yang ditugaskan mengawal Messi mampu menjalankan tugasnya dengan cukup baik.

Selain itu, Peter Cech juga tampil gemilang dan beberapa kali menggagalkan peluang emas Barca. Salah satunya, tendangan Iniesta dari jarak dekat yang bisa ditepis Cech dengan gerakan reflek. Sementara peluang emas tim tamu didapat Drogba di babak pertama tapi masih bisa digagalkan Valdes.

Hasil tanpa gol ini memang menguntungkan Chelsea, apalagi Carles Puyol harus absen karena akumulasi kartu. Tapi dalam leg kedua di Stamford Bridge nanti segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Susunan pemain
Barcelona: Valdes; Pique, Marquez/Puyol (52), Abidal, Alves, Yaya Toure, Iniesta, Xavi, Henry/Hleb (87), Etoo/Bojan (82), Messi
Chelsea: Cech; Terry, Alex, Bosingwa, Ivanovic, Obi Mikel, Ballack/Anelka (90), Lampard/Belletti (71), Malouda, Essien, Drogba