Nicky Hayden

Nicky Hayden

Motor ke-2 Ducati Marlboro dianggap sebagian kalangan dan pecinta MotoGP adalah motor keramat, mitos yang beredar bahwa motor ini adalah motor kutukan, karena selama ini tak ada yang mampu “menaklukkan” motor ke-2 itu, bagaimana dengan motor ke-1 Ducati Marlboro yang ditunggangi oleh Casey Stoner? Motor ini sepertinya sudah “jinak”, tak ada masalah bagi para penunggangnya. Lalu, kenapa motor ke-2 Ducati ini sepertinya sulit untuk “dijinakkan”? melihat pada 2 musim sebelumnya, tak ada yang mampu menjinakkan motor ini, yang pertama Loris Capirossi, yang gagal pada musim 2007, lalu Marco Melandri yang pada musim lalu nyaris hancur karirnya.

Pada musim 2009 ini, pihak Ducati menawarkan Nicky Hayden untuk mendampingi Stoner, apa Nicky Hayden yang juara dunia 2006 ini mampu mementahkan mitos pada motor ke-2 Ducati? Dilihat pada awal-awal musim ini, entah kutukan itu masih berlanjut atau tidak, yang jelas cobaan demi cobaan kini dihadapi olehHayden. Seperti pembalap-pembalap sebelumnya, Hayden kesulitan meraih catatan waktu istimewa, rata-rata dia lebih lamban 15 detik dari Stoner.

Saat kualifikasi di Qatar, sabtu (11/4), dalam sesi yang berlangsung 45 menit itu, Hayden terpuruk pada posisi 16 (baris start belakang), lalu pada menit-menit akhir kualifikasi, dia pun berusaha turun lagi ke lintasan, memaksakan diri untuk mencatatkan waktu yang lebih baik, bagaimana hasilnya? Bukan hasil baik yang dicatat Hayden, tapi dia malah “dimuntahkan” oleh Ducati GP9 saat mencoba menaklukkan tikungan no. 8, dia terlontar ke udara, mendarat pada punggung terlebih dahulu dan sliding ke kawasan jebakan pasir. Hayden mengalami cedera punggung dan harus mendapat jahitan pada luka di bagian dada.

Selama 2 sesi latihan sebelum kualifikasi, Hayden sudah mengalami kejadian-kejadian buruk, yakni dia mengalami 2 kali kerusakan motor. Apakah motor ke-2 Ducati Marlboro ini memang benar-benar keramat? Apakah Hayden mampu menaklukkan motor Ducati ini seiring dengan waktu yang berjalan, sehingga Hayden mampu menjadi yang terbaik? Kita tunggu saja seusai pasca cedera yang dideritanya pada kualifikasi Qatar kemarin.

Iklan