Pada saat bekerja, sering kita merasakan kelelahan, baik itu secara fisik maupun psikologis. Pada saat kita mengalami hal itu, rasa malas pun akan timbul, pekerjaan jadi tidak maksimal hingga kesalahan demi kesalahan pasti terjadi sehingga faktor human error berperan penting disini.
Apa yang dapat kita lakukan untuk mengusir dan menghilangkan rasa lelah tersebut? biasanya saya melakukan hal-hal ini, semoga menjadi manfaat bagi para pembaca:
1. Berpikir agamis, yakni berpikir bahwa kerja itu adalah ibadah, kita bekerja untuk mencari tabungan di akhirat.
2. Berpikir positif, yakni senangi dan cintai perkerjaan kita.
3. Memelihara optimistis, antusiasme, tanggung jawab dan loyalitas terjadap pekerjaan.
4. Istirahat sejenak, kendorkan otot-otot dan persendiaan yang terasa kaku “nguletlah” seperti saat bangun tidur, lakukan gerakan senam-senam kecil, jika memungkinkan rebahkan badan di lantai atau dikarpet, luruskan seluruh tubuh, “nguletlah” kembali.
5. Perbanyak minum air putih, untuk kesegaran tubuh memperlancar metabolisme tubuh.
6. Pergilah ke kamar mandi, cuci muka untuk menyegarkan mata agar tidak mengantuk.
7. Carilah hal2 yang bersifat humor, baik membaca buku humor atau berkelakar dengan teman sekerja.
8. Ciptakan hati yang senang, buang jauh-jauh masalah yang ada saat kita bekerja.