Tuesday, 02.03.2009, 12:52am (GMT+7)

Gunung Asama - Jepang

Gunung Asama - Jepang

TOKYO, SENIN — Sebuah gunung berapi di dekat Tokyo meletus Senin (2/2) dan mengepulkan asap tebal. Letusan ini juga menimbulkan hujan abu halus yang semula diduga sebagai salju di ibu kota Jepang.

Gunung Asama meletus dengan menyemburkan kepulan asap yang membubung hingga setinggi 1,6 kilometer. Tak terdapat laporan, baik korban jiwa maupun materi, dari letusan gunung berapi yang terletak 145 kilometer barat laut Tokyo itu.

Gunung Asama sebelumnya meletus pada Agustus tahun lalu dan tak sampai menimbulkan kerusakan materi besar. Bongkahan batu yang disemburkan dari letusan ditemukan sekitar 1.000 meter dari Gunung Asama. Adapun abu akibat letusan terdeteksi di sebagian besar wilayah, termasuk Tokyo bagian tengah hingga Chiba bagian timur.

Di distrik Fussa, Tokyo bagian barat, kantor pemerintah setempat dibanjiri oleh telepon warga setempat yang menanyakan “bubuk putih misterius” yang berjatuhan dari langit. Dinas pemadam kebakaran di sekitarnya juga menerima sejumlah telepon dari warga setempat yang merasa khawatir dan menduga bahwa abu itu berasal dari kobaran api.
kompas.com