Buah Pepaya merupakan buah yang berbentuk bulat, bentuknya seperti buah pir akan tetapi buah ini lebih besar daripada buah pir,  yang umum ditemukan di pasar biasanya rata-rata sekitar 7 inci . Buah ini berwarna orange atau warna kuning bahkan campuran kedua warna tersebut (warna pepaya matang), warnah hijau daun jika buah ini masih muda.
Buah pepaya memliki rasa yang manis dan lembut. Di dalam rongga bagian dalam buah berwarna hitam, biji bulat terbungkus dalam suatu zat seperti gelatin. Biji pepaya adalah dapat dimakan, meskipun  agak pahit.
Buah, serta bagian lain dari pohon pepaya, mengandung papain, enzim yang membantu mencerna protein. Enzim ini terutama terkonsentrasi di buah bila mentah. Papain diekstrak untuk membuat suplemen enzim pencernaan makanan dan juga digunakan sebagai bahan dalam beberapa permen karet.
Pepaya tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan warna yang diterangi matahari, tetapi merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid; vitamin B, asam folat dan pantotenat, dan mineral, kalium dan magnesium, dan serat. Bersama-sama, memberitkan kesehatan sistem kardiovaskular dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar. Selain itu, pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang digunakan seperti bromelain, enzim serupa yang ditemukan pada nanas, untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi.
Pepaya sangat baik untuk kesehatan jantung dan mencegah Degenerasi Makula. Salah satu manfaat pepaya yang bagus adalah manfaat kesehatannya untuk perawatan kulit. Vitamin dan enzim yang terkandung dalam pepaya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan pergantian kulit
Pepaya merupakan sumber nutrisi antioksidan yang baik. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Pepaya merupakan sumber folat, kalium dan serat. Berbicara tentang manfaatnya untuk perawatan kulit.  Berikut ini 6 manfaat kesehatan pepaya dalam perawatan kulit:
Beberapa manfaat dari Buah Pepaya sebagai berikut:

Untuk Kecantikan:

  1. Ambillah buah pepaya yang sudah masak dibelakang rumah, kalo ada nanam, kalo nggak ada ya beli ja dipasar
  2. Setelah itu bersihkan pepaya dari kulit serta bijinya, dan selanjutnya dihaluskan, dengan menggunak blander atau parut, yang penting pepayanya halus
  3. Campurlah pepaya yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan madu
  4. Sapukan kewajah atau kulit yang ingin kita haluskan, biarkan kurang lebih selama 20 menit, setelah itu barulah dicuci dengan air bersih

Untuk Mengencangkan Payudara:

Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Untuk Penyakit Jantung:

Nutrisi dalam pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini penting karena ketika kolesterol menjadi teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah Anda, menyebabkan plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Untuk Awet Muda:

Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.

Untuk Sistem Kekebalan Tubuh:

Karena pepaya sangat kaya vitamin A dan C, maka dari itu buah pepaya sangat baik untuk dimakan agarmenjaga fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dengan benar.

Untuk Pelangsing Tubuh:

Buah pepaya punya khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

Untuk Kesehatan Kulit:

  • Jus pepaya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Mencegah dan mengobati jerawat, kutil, dan gangguan kulit lainnya.
  • Anti bakteri yang terkandung dalam pepaya membantu untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Sehingga baik untuk menyembuhkan ulkus kulit dan luka bakar yang parah.
  • Pepaya sering digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit. Karena membantu meremajakan kulit, membuat kulit sehat alami dan membuat kulit bercahaya.
  • Pepaya sangat baik menyembuhkan jerawat. Daging Pepaya baik yang matang atau mentah dapat diletakkan pada daerah kulit yang terdapat jerawat. Alhasil jerawat berkurang dan kulit sehat selalu.
  • Vitamin A, Vitamin E dan papain yang terkandung dalam pepaya sangat baik sebagai anti penuaan kulit. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu mengurangi keriput, mengencangkan kulit dan mengangkat sel-sel mati.
  • Antioksidan yang terdapat dalam pepaya terutama Vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang berlebihan. Jus pepaya sangat membantu untuk mengurangi bintik-bintik coklat karena paparan sinar matahari yang terlalu lama.
  • Keriput dan noda penuaan. Pepaya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, karena membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang mencegah terjadinya penuaan dini, keriput dan masalah kulit lainnya. Ambil sepotong pepaya, hancurkan lalu pijat dengan lembut pada wajah dan leher selama 5-7 menit. Biarkan selama 10 menit dan bilas wajah anda dengan air hangat.
  • Jerawat. Pepaya tidak hanya membuat kulit tampak cerah dan sehat, tapi bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. biasakan gunakan masker pepaya 3 kali seminggu untuk mencegah jerawat. Untuk membuat masker pepaya, hancurkan pepaya matang, tambahkan 1 sdt madu pakaikan sebagai masker. biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.
  •  Lulur pepaya. Hancurkan pepaya, campurkan dengan garam spa, juga dapat dicampur madu dan minyak zaitun. Sebelum dilulurkan, pijat dahulu agar pori-pori kulit terbuka.

Sementara dari daunnya, kita dapat mengambil sejumlah manfaatnya bagi kesehatan, antara lain:

Sebagai obat jerawat
Masker dari daun pepaya dapat digunakan untuk menagtasi keluhan seperi jerawat pada wajah, hingga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya, sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur dan lumatkan dengan setengah sendok air hingga halus. Masker kemudian dapat ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

Menambah nafsu makan
Di balik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki manfaat untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Caranya, blender daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, dengan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi diperas dan disaring airnya untuk diminumkan. Niscaya nafsu makan anak Anda akan segera normal.

Memperlancar pencernaan
Daun pepaya juga baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya. Caranya,  daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.

(Dari Berbagai Sumber)

About these ads