Tim nasional Indonesia berhasil melangkah ke final AFF Suzuki Cup 2010 setelah Minggu (19/12) yang lalu memastikan diri meraih kemenangan dengan agregat 2-0 atas Filipina di babak semifinal.

Dengan keberhasilan berlaga di final tanggal 26 dan 29 Desember itu berarti Indonesia telah mencapai final AFF Cup sebanyak 4 kali. Sebelumnya tim Merah Putih melangkah ke babak final AFF Cup pada tahun 2000, 2002 dan 2004.

Tapi dengan keberhasilan ke final ini, menjadi suatu titik balik penting untuk mengakhiri puasa gelar yang dialami tim Garuda kebanggaan kita ini. Terakhir Indonesia meraih gelar utamanya adalah pada tahun 1991 saat meraih medali emas di ajang SEA Games.

Cristian Gonzales saat mencetak gol di semifinal kedua (c)afp

Sebelum melawan Malaysia di babak final, Indonesia telah mencatatkan serangkaian hasil gemilang. Tim Garuda selalu menang dalam 5 pertandingan dari babak penyisihan grup sampai semifinal. Kita coba ikuti perjalanan Indonesia dari awal sampai ke babak final.

Penyisihan Grup A, 1 Desember 2010: Indonesia Vs Malaysia 5-1
Dari pertandingan pertama di AFF Suzuki Cup 2010 ini, Indonesia langsung berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A setelah sukses membenamkan Malaysia dengan skor 5-1.

Menjadi tuan rumah membuat Indonesia tampil menekan sejak menit-menit awal. Tapi Malaysia justru unggul terlebih dahulu di menit ke 18. Berawal dari kesalahan Hamka Hamzah, Mohamad Safee Bin Mohamad Ali bisa mengirimkan umpan mendatar kepada Norshahrul Idlan bin Talaha untuk membuat kedudukan 1-0 bagi Malaysia.

Keunggulan tim tamu tersebut tak berlangsung lama, Mohamad Asrarudin melakukan gol bunuh diri untuk membuat kedudukan menjadi 1-1. Gelora Bung Karno akhirnya kembali bergemuruh di menit ke 25, setelah Christian Gonzales dengan tendangan kaki kirinya membawa Indonesia berbalik unggul 2-1.

Baru 5 menit babak kedua berjalan, Indonesia akhirnya mampu memperlebar keunggulannya menjadi 3-1 lewat gol Muhammad Ridwan yang berhasil menaklukkan dua pemain belakang Malaysia. Arif Suyono yang masuk menggantikan M.Ridwan di menit ke 76 berhasil membawa Garuda makin unggul dengan golnya di menit ke 78.

Sebelum akhirnya Irfan Bachdim akhirnya menutup pesta gol Indonesia dan mengubah skor menjadi 5-1. Kemenangan ini membawa Indonesia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A dengan tiga angka, karena di pertandingan sebelumnya Laos berhasil menahan imbang tim favorit juara, Thailand dengan skor 2-2.

Penyisihan Grup A, 4 Desember 2010: Indonesia Vs Laos 6-0
Indonesia kali ini mampu tampil begitu sempurna. Laos berhasil dipukul 6-0, di partai kedua Piala AFF.

Firman Utina membawa Timnas Garuda Merah putih Indonesia unggul 1-0, setelah sukses melakukan tendangan penalti pada menit 27, yang didapat setelah Cristian Gonzalez dilanggar oleh bek Laos, Saynakhonevieng Phommapanya. Tak lama kemudian, Muhammad Ridwan berhasil mencetak gol kedua timnas di menit 33, memanfaatkan kesalahan antisipasi bek-bek Laos.

Berawal dari corner kickFirman Utina berhasil mengontrol bola dan melepaskan tembakan melintang dari sudut sempit dan berbuah gol ketiga bagi timnas Indonesia di menit 49. Pada menit ke-62 Indonesia berhasil menambah gol lewat aksi Irfan Bachdim yang bekerja sama satu dua dengan Gonzales di depan daerah penalti Laos.

Arif Suyono yang masuk sebagai pemain pengganti menceploskan gol kelima setelah memanfaatkan free kick dari Firman Utina pada menit ke-75. Sebelum akhirnya giliran Oktovianus Maniani yang mempersembahkan gol keenam Merah Putih pada menit 79 lewat aksi sprintnya.

Hasil ini memastikan Indonesia melangkah ke babak semifinal Piala AFF serta memastkan diri sebagai juara Grup A.

Penyisihan Grup A, 7 Desember 2010: Indonesia Vs Thailand 2-1
Indonesia akhirnya berhasil menyapu bersih babak penyisihan Grup A, setelah di laga terakhir mereka menyingkirkan Thailand dengan skor 2-1.

Kedudukan 0-0 baru berubah pada di babak kedua tepatnya menit ke 68, setelah Suree Sukha menjebol gawang Indonesia lewat tendangan keras kaki kirinya dari sisi kanan kotak penalti yang tak mampu dibendung Markus Horison. Indonesia pun tertinggal 0-1.

Indonesia langsung bereaksi saat terjadinya gol tersebut dan usaha tim Merah Putih membuahkan hasil saat mendapatkan hadiah penalti di menit ke 78 saat Cristian Gonzales dilanggar oleh pemain belakang Thailand. Bambang Pamungkas yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Indonesia mendapatkan hadiah penalti ke dua saat pemain Thailand menyentuh bola hasil tendangan Arif Suyono. Bambang yang lagi-lagi mengeksekusi penalti tersebut berhasil menaklukkan Sinthaweechai untuk ke dua kalinya. Indonesia berbalik unggul 2-1 dan bertahan hingga babak ke dua usai.

Kekalahan dari Indonesia ini membuat Thailand tersingkir dan gagal maju ke babak semi final, sebab di laga lain Malaysia berhasil menghancurkan Laos dengan skor telak 5-1.

Semifinal Laga Pertama, 16 Desember 2010: Filipina Vs Indonesia 0-1
Indonesia mendapatkan modal berharga untuk melaju ke final Piala Suzuki AFF 2010, setelah di leg pertama Garuda berhasil menang tipis 1-0 atas Filipina di Gelora Bung Karno Jakarta.

Bertanding di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, timnas Indonesia sempat grogi di menit menit awal babak pertama, mereka sering melakukan kesalahan dalam melakukan umpan-umpan pendek. Namun, pelan tapi pasti tim Garuda bisa menguasai jalannya pertandingan dan menekan Filipina.

Indonesia akhirnya membuka skor di menit ke 32. Tandukan Cristian Gonzales menyambut umpan Firman Utina mengarah ke gawang Filipina yang kosong ditinggal Neil Etheridge yang salah pengertian dengan dua pemain bek mereka.

Meski setelahnya Indonesia sempat menciptakan beberapa peluang, namun gol tak kunjung tercipta hingga babak ke dua usai. Skor 1-0 tetap bertahan bagi kemenangan Indonesia dan menjadi modal berharga untuk laga kedua yang berlangsung pada 19 Desember.

Semifinal Laga Kedua, 19 Desember 2010: Indonesia Vs Filipina 1-0
Indonesia akhirnya mampu melaju ke final Piala AFF Suzuki 2010 setelah unggul agregat 2-0, usai laga semifinal kedua melawan Filipina, Garuda kembali menang tipis 1-0.

Indonesia terus menyerang dan mendominasi jalannya pertandingan, akan tetapi Merah Putih baru bisa memanfaatkan peluang dengan baik di menit ke 43.Cristian Gonzales akhirnya mampu menebus dua peluang emas yang dia lewatkan dengan mencetak gol spektakuler. Tendangannya dari luar kotak penalti mengarah deras ke sudut kanan gawang Neil Etheridge dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Skor 1-0 tetap bertahan hingga laga usai dan Indonesia akhirnya mampu melenggang ke final Piala AFF untuk ke empat kalinya. Di final yang akan berlangsung dengan sistem home and away 26 dan 29 Desember nanti, Indonesia akan ditantang Malaysia yang sempat mereka cukur 5-1 di babak penyisihan lalu. Leg pertama partai final akan dilangsungkan di National Stadium Malaysia, sedangkan leg ke dua akan dilaksanakan di stadion Gelora Bung Karno Jakarta. (Bola.net)

 

About these ads